Sofyardirahmat’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Perlakukan Amanah Seperti Keluarga

leave a comment »

Amanah, kata ini mengandung banyak makna, tapi satu hal yang pasti, amanah adalah titipan dari Allah SWT kepada kita umatNya. Sebagai seorang manusia kita dititipkan berbagai macam amanah oleh Allah, ada yang diamanahi sebagai pedagang, guru, presiden, dan banyak lagi. Ada beberapa diantara kita karena situasi dan kondisi memiliki banyak amanah  dalam satu waktu. Ada yang menyatakan banyaknya amanah yang diemban  adalah karena banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan,oleh sebab itu Tak sedikit pula  kita menilai orang yang banyak amanah, sebagai seorang ‘manusia super’ mengingat banyaknya beban yang dipikul .

Beragamnya amanah yang kita emban membuat kita harus berusaha keras untuk menunaikannya dengan baik, akan tetapi ada pula diantara kita karena beragamnya amanah yang dipikul cenderung untuk melalaikan amanah tersebut. akan banyak lagi penilaian soal amanah dan kemampuan dari kita untuk menunaikan amanah tersebut.

Pada tulisan ini penulis akan mencoba untuk memaparkan bagaimana seharusnya memperlakukan amanah yang kita emban. ada satu kalimat kunci yang ingin penulis jelaskan disini yang berkaitan dengan amanah yaitu,  Perlakukan Amanah Seperti Keluarga. ya, bagi penulis amanah harus kita perlakukan sebagai keluarga kita. layaknya kasih sayang orang tua kepada anaknya.

Dengan memperlakukan amanah seperti keluarga tentunya kita akan bisa memaksimalkan kerja dan upaya kita dalam menunaikan amanah kita anggaplah amanah itu sebagai ‘anak’ kita yang harus kita besarkan dan kita didik, jadi banyaknya amanah yang kita emban berarti telah menambah jumlah ‘anak’ yang harus kita didik dan kita besarkan, tentu itupun menuntut tanggung jawab yang lebih besar dari diri kita,tapi yang patut diingat adalah kita harus merencanakan dengan baik sebagaimana layaknya seorang keluarga, berapa anak yang akan kita miliki dan lain sebagainya. Begitu pula dengan dengan amanah kitapun harus memperhatikan kemampuan diri kita masing-masing.

Apabila dirimu mendapat amanah perlakukanlah dia sebagaimana kasih sayang orang tua terhadap anaknya.

Written by sofyardirahmat

Maret 6, 2008 pada 8:46 am

Ditulis dalam Tulisanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: