Sofyardirahmat’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

Harapan Untuk KAMMI Daerah Jakarta (1)

leave a comment »

Assalamu Alaikum

Teriring salam ukhuwah untuk seluruh kader kammi jakarta,

Alhamdulillah saya masih diberi kesempatan untuk menuliskan harapan saya terhadap kammi jakarta, meski secara geografis kita terpisah agak jauh, tapi saya masih warga jakarta , jadi apa yang saya tuliskan ini merupakan harapan seorang warga jakarta terhadap kammi jakarta.

Mengawali tulisan ane,  izinkan ane untuk mengucapkan selamat dan sukses untuk kegiatan mukerda yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Tentunya akan banyak hal yang dibahas pada forum tersebut.

Jika boleh ane  berharap, cobalah untuk melihat apa yang terjadi pada jakarta saat ini, jakarta hari ini tak lagi elok dipandang seperti jaman belanda dulu. Jakarta hari ini penuh luka di wajahnya sepintar apapun kita menutupinya dengan segudang make up kita akan sulit untuk mengatakan bahwa Jakarta  adalah sebuah kota yang ‘cantik’.  Ada beberapa permasalahan yang membuat wajah jakarta penuh dengan  ‘jerawat’ diantaranya adalah;

A. Banjir

Bicara soal banjir di jakarta, orang jakarta sudah menganggap banjir adalah sebuah agenda rutin yang terjadi setiap tahun. Bahkan mereka sendiri tampaknya sudah memiliki jadwal kapan mereka harus mengungsi ketika hujan deras datang menghampiri, kalau mau diruntut akan ada banyak faktor kenapa banjir terjadi di jakarta. Ada yang bilang, saluran airnya lah, banyak penduduk tinggal di tepi sungai lah, dan lain2. Masyarakat Jakarta sudah lelah bang dengan jamu (Janji Muluk) pemerintah pusat dan daerah, mereka butuh sesuatu yang konkrit, dan tepat sasaran. bukan hanya bantuan yang datang silih berganti tapi sesuatu yang bermanfaat buat mereka.

Terkadang kita bingung apa yang bisa kita lakukan buat menangani banjir di Jakarta, gak perlu terlalu muluk kok, yang sederhana juga bisa misal, kita buat program BCL (Bukan Bunga Citra Lestari Loh :D) tapi Bersih-Bersih Ciliwung kader kammi jakarta bekerja bakti untuk membersihkan kali ciliwung. Sambil membagikan himbauan untuk menjaga kebersihan sungai, kalau punya dana agak gede kita bisa membuat program Seribu Bakau untuk Jakarta, memelihara ekosistem pantai di sekitar jakarta supaya orang2 muara baru gak banjir gara2 Rob.

Akan ada banyak program lain yang bisa kammi jakarta lakukan untuk  membuat orang jakarta sadar akan pentingnya menjaga lingkungan tentunya itu juga harus dibarengi dengan niat dari diri sendiri untuk memperbaiki lingkungan  jakarta.

B. Macet

Siapa sih yang gak pernah kena macet di jakarta ? Ane, abang2 di kammja pasti pernah kena yang namanya kemacetan. Bahkan ada kalimat seperti ini : Kalo kagak macet bukan jakarta namanya. Kenapa sih jakarta bisa macet ? Kata para pakar, jakarta macet karena pertumbuhan kendaraan tidak sebanding dengan pertumbuhan jalan, mau liat contohnya ? ada tuh, namanya Busway (Busway menggunakan sedikit dari  jalur yang sudah ada untuk dipakai  jalur bus transjakarta,  akibatnya apa?, ya macet, ya kecelakaan, belum lagi protes dari supir angkot). Untuk masalah ini, paling gak untuk mengurangi adanya kendaraan di jalan yang bisa menimbulkan polusi dan membuat awan hitam di jakarta. buat aja program Bersepeda keliling Jakarta (Sehari tanpa ada polusi) , atau Ayo Naik Angkot  (membantu supir2 angkot untuk menambah penghasilan, maklum sekarang Angkot banyak ‘mati’ karena menjamurnya kredit motor ).

C. Pendidikan 

Terkadang orang bilang jakarta itu udah makmur, udah sejahtera, pendidikan udah gratis tapi kenapa masih ada anak2 jalanan di jakarta, ini adalah peluang buat kammi jakarta untuk menggarapnya. Misal bisa buat program rumah singgah, atau rumah belajar bagi anak2 jalanan di jakarta. Kan bagus tuh, paling gak temen2 yang jadi guru bisa digerakkan untuk menjadi pengajar mereka.

Intinya, buatlah program yang berorientasi pada manfaat buat masyarakat jakarta, ane yakin kammi jakarta bisa melakukannya.

Mungkin masih banyak persoalan jakarta yang belum dikupas disini, tapi paling tidak ini menggambarkan realitas yang kita hadapi, apa yang ane kemukakan disini merupakan permasalahan yang jakarta hadapi sebagai sebuah Propinsi bukan sebagai Ibu Kota, insya Allah ana akan kupas di bagian kedua tulisan ini, yaitu jakarta sebagai Ibu kota NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) Jadi masih ada sambungannya. Tunggu aja ya. 

Sekian dari ane, Mohon Maaf bila ada kesalahan, semoga bermanfaat

Wassalamu Alaikum

Sofyardi Rahmat (Seorang warga jakarta yang sedang menempuh pendidikan tinggi di Jember Jawa Timur)  

        

Written by sofyardirahmat

Maret 2, 2008 pada 8:21 am

Ditulis dalam Tulisanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: